Strategi Sukses Memulai Bisnis Rental Mobil

Strategi Bisnis Rental Mobil

Usaha rental mobil merupakan salah satu bentuk bisnis yang kini marak dijalankan banyak orang. Permintaan yang tinggi dari pasar menjadi alasan mengapa bisnis ini selalu diminati. Mengingat kondisi kendaraan umum yang masih jauh dari kata layak dan aman. Dari sini membuat peluang bisnis rental mobil ini menjadi semakin besar dan nyata. Namun untuk menjadikan bisnis ini sukses maka Anda yang akan atau sedang menjalankan bisnis ini perlu mengetahui beberapa tips atau strategi jitu untuk memulai bisnis ini. So, apa saja strategi untuk membuat usaha rental mobil ini menjadi sukses? Berikut ulasannya.

1. Tetapkan Prospek dan Target Pasar

Analisis Pasar via www.jurnal.id

Strategi pertama yang perlu Anda lakukan sebelum memulai bisnis rental mobil adalah mengenali prospek dan target. Maksud di sini adalah mencari tahu prospek usaha rental mobil di lokasi Anda. Apakah orang-orang di sana memang sangat membutuhkan mobil atau tidak. Jika memang Anda yakin bahwa akan banyak orang yang membutuhkan mobil untuk mobilitas berarti usaha rental mobil di lokasi tersebut terbilang memiliki prospek yang bagus. Namun bila Anda dapati ternyata hanya sedikit orang yang membutuhkan mobil, maka tentunya hal ini adalah sebuah prospek buruk yang harusnya Anda tinggalkan. Untuk mengetahui prospek ini sendiri Anda mau tak mau harus melakukan riset dan pengamatan. Anda bisa melakukan riset via internet menggunakan Google Trends dan memilih kata kunci berdasarkan subwilayah.

Jika memang diketahui bahwa prospek di lokasi Anda besar, maka tetapkan target pasar dari usaha Anda. Tetapkan apakah orang kantor, masyarakat umum, atau para pendatang yang akan dijadikan target pasar Anda. Mengapa demikian? Sebab hal ini akan mengacu pada penetapan starategi pemasaran yang nanti Anda jalankan. Tapi bila Anda ingin menetapkan target pasar pada semua pihak tentu sah-sah saja dengan syarat tingkat persaingan di lokasi tersebut belum terlalu ketat.

2. Pilih Lokasi Usaha yang Baik

Pilih Lokasi via blog.xendit.co

Setelah Anda menetapkan prospek dan target pasar, maka strategi berikutnya untuk bisa menjadikan usaha rental mobil Anda sukes adalah memilih lokasi usaha yang baik. Lokasi usaha yang baik untuk bisnis rental mobil ini umumnya adalah lokasi yang strategis dengan akses jalan dan ramai dilewati banyak orang. Dengan kondisi lokasi yang demikian, maka Anda lebih berpeluang usaha Anda akan dikenal banyak orang dan juga mendapatkan lebih banyak pelanggan. Membuat terbukanya peluang jangkauan direct marketing yang mana bekerja secara langsung dan otomatis.

3. Promosi dan Pemasaran

Promosi via digitalentrepreneur.id

Untuk bisa mendapatkan pelanggan dalam jumlah yang banyak, yang perlu Anda lakukan adalah melakukan promosi atau pemasaran. Mengapa tetap harus melakukan promosi sedangkan lokasi yang ada sudah sangat strategis? Anda harus paham bahwa pelaku bisnis rental mobil bukan hanya Anda seorang. Namun juga ada beberapa orang yang juga menjalankan usaha rental mobil. Dari sini maka tercipta sebuah persaingan dan kompetisi. Untuk memenangkan persaingan ini maka dibutuhkan sebuah strategi marketing yang sangat efektif. Lalu bagaimana cara menjalankan stategi pemasaran atau promosi yang efektif ini? Ada dua cara yang bisa Anda lakukan yaitu:

Melalui Strategi Marketing Offline

Marketing offline adalah teknik pemasaran konvensional dimana Anda akan bertemu atau bertatap muka secara langsung dengan calon konsumen. Beberapa strategi marketing offline yang bisa Anda lakukan untuk bisnis rental mobil antara lain dengan pemberitahuan langsung, penyebaran brosur, membuat iklan di koran atau majalah, banner atau spanduk, kartu nama, stiker, brosur dan lainnya. Atau Anda juga bisa membuat penawaran ke instansi-instansi perusahaan pemerintah maupun swasta.

Melalui Strategi Marketing Online

Selain stretegi marketing offline, pada saat ini sangat memungkinkan bagi seorang pebinis menjalankan strategi marketing secara online. Dunia online yang semakin berkembang pesat adalah tanda bahwa sudah seharusnya seorang pebisnis tanggap untuk memanfaatkan hal ini. beberapa strategi pemasaran online yang bisa Anda manfaatkan yaitu melakukan promosi di media sosial. Diantaranya Facebook, Twitter, Instagram dan Whatsapp, promosi melalui iklan seperti Google ads, Facebook ads, Instagram ads, atau dengan menggunakan website dengan teknik optimasi SEO (Search Engine Optimization).

4. Berinvestasi Pada Sesuatu yang Mendukung Bisnis Anda

Investasi via www.imoney.my

Untuk membuat bisnis Anda sukses salah satu caranya adalah dengan bersikap profesional. Sikap profesionalisme dalam berbisnis dapat tercermin salah satunya adalah dari cara berinvestasi Anda. Anda harus cermat dalam hal ini, sebab jika Anda sembarangan maka bisa jadi bisnis Anda akan terpuruk. Investasi yang tepat bisa Anda lakukan dengan beberapa cara salah satunya seperti memilih mobil yang sesuai dan banyak diminati konsumen, memilih mobil yang memiliki kapasitas penumpang yang banyak, serta memilih mobil yang irit dan nyaman. Hal ini untuk menghindari jika sewaktu-waktu mobil Anda mangkrak terlalu lama di garasi dikarenakan jarang peminatnya.

5. Bangun Relasi dan Jaringan

Relasi dan Jaringan via www.telegraph.co.uk

Untuk mendapatkan banyak kepercayaan dan juga banyak investor maka memang Anda harus mampu memperluas jaringan dan relasi Anda. Semakin banyak jaringan dan relasi yang Anda miliki maka semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan mitra yang bisa Anda ajak bekerjasama. Jika hal ini terjadi maka tentu saja bisnis Anda akan semakin besar dan cepat bergerak menuju kesuksesan. Jangan lupa juga untuk bergabung dengan beberapa komunitas, forum atau asosiasi bisnis rental mobil di Indonesia. Ikut dan berperan aktiflah di sana. Dengan ini tentu Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan dan info-info penting yang berguna untuk kemajuan bisnis rental mobil Anda.

6. Antisipasi Tindak Pencurian Mobil

Antisipasi Pencurian Mobil via auto.economictimes.indiatimes.com

Di zaman yang serba mudah ini timbul aksi-aksi tidak bertanggungjawab dari sejumlah oknum, maka dalam menjalankan bisnis rental mobil ini Anda perlu ekstra waspada. Perlu Anda ketahui bahwa bisnis ini di bagi menjadi dua model, yaitu sewa mobil dengan supir dan sewa mobil tanpa supir.

Pada model yang pertama Anda mungkin bisa lebih tenang memikirkan mobil sewaan Anda, karena mobil yang Anda sewakan pergi bersama supir Anda. Namun pada model yang kedua ini mungkin akan membuat Anda was-was dan membuat tidur Anda menjadi tidak pulas, karena mobil Anda pergi tanpa adanya supir. Hal ini menuntut Anda untuk melakukan pengamanan ekstra terhadap mobil sewaan Anda.

Karena pada kenyataannya, banyak terjadi kasus pelarian atau penggelapan mobil rental yang disewa oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Tindakan kriminal ini dilakukan dengan berbagai siasat, seperti salah satunya dengan memberikan dokumen palsu kepada pemilik rental. Tentu saja dengan dokumen palsu mereka para oknum ini akan lebih mudah melakukan tindak kejahatannya dengan membawa mobil tersebut.

Baca Juga: Tips Membeli Mobil Untuk Usaha Rental

Dari sinilah, muncul kewaspadaan yang tinggi pada saat proses penyewaan berlangsung. Perhatikan dengan seksama dokumen yang ia berikan kepada Anda. Dalam hal ini Anda memang diharuskan memiliki kejelian dan pengetahuan untuk bisa membedakan mana dokumen-dokumen asli dan mana yang palsu sebagai syarat dan ketentuan untuk menyewa mobil tanpa sopir. Namun berkat kemajuan zaman ini juga Anda pun diuntungkan. Yaitu dari adanya teknologi-teknologi yang semakin berkembang, Salah satunya adalah adanya GPS Tracker. Dengan adanya GPS Tracker Anda bisa memantau atau mengetahui kemana mobil Anda digunakan. Anda bisa memasangkan GPS Tracker pada setiap mobil Anda guna menambah tingkat keamanan di dalam mengamankan aset bisnis Anda.

7. Tentukan Harga Sesuai Pasaran dan Berikan Tawaran Yang Menarik

Tentukan Harga via titaniumsuccess.co.uk

Pada poin yang terakhir, strategi sukses untuk memulai bisnis rental mobil adalah dengan menentukan harga sesuai pasaran dan memberikan diskon. Harga memang bisa menjadi sesuatu yang sensitif bagi sebagian konsumen terutama masyarakat Indonesia. Mengingat Anda memiliki pesaing yang harus ditaklukkan. Anda pun tidak bisa sembarangan menentukan harga. Lebih dari itu Anda harus melakukan riset dan survei mengenai harga pasar rental mobil yang berlaku ditempat Anda. Jangan melakukan hal nekat dengan membuat harga yang terlampau mahal, karena bisa jadi Anda akan kehilangan konsumen.

Maka dalam hal ini disarankan bagi semua pelaku bisnis untuk sesekali memberikan harga promo dan diskon. Hal ini dilakukan untuk bisa menarik konsumen agar memilih menggunakan rental mobil Anda daripada rental mobil lain Anda bisa membuat penawaran yang menarik sesuai dengan kreativitas Anda. Penawaran menarik lainnya ini bisa berupa undian berhadiah dan memberikan kupon potongan harga.

Inilah beberapa informasi mengenai strategi sukses untuk mulai menjalankan bisnis rental mobil. Jika Anda benar-benar serius memulai bisnis rental mobil maka tak ada salahnya untuk mengetahui dan menerapkan rangkaian informasi strategi bisnis diatas. Tentunya setiap usaha membutuhkan ketekunan, kerja keras dan konsistensi dari Anda. Karena meskipun suatu saat usaha ini Anda jalankan tetapi dengan usaha yang setengah-setengah maka bisnis ini pun akan menjadi sulit untuk sukses. Jadi kuatkanlah mental dan keyakinan Anda dalam menjalankan bisnis dan strategi ini dengan kesungguhan  dan penuh keseriusan.