Tips Membeli Mobil Untuk Usaha Rental

Membeli Mobil Untuk Usaha Rental

Mempelajari tentang strategi investasi dapat membuat Anda semakin mantap dalam melangkah untuk menjalani bisnis. Banyak pilihan untuk Anda berinvestasi, salah satunya berinvestasi di dalam bidang jasa persewaan atau rental, yaitu investasi bisnis usaha rental.

Investasi bisnis rental bisa sangat menguntungkan jika dilakukan dengan cara yang tepat. Tentu, jika bicara tentang memulai bisnis rental mobil berarti Anda harus memiliki mobil yang akan disewakan. Simak tips berikut!

Pilih mobil dengan harga terjangkau

Mobil Terjangkau

Jika diperhatikan, dari semua jenis mobil yang memiliki kapasitas 7 penumpang dengan harga yang terjangkau, Anda akan menemukan beberapa merk mobil seperti Avanza, Xenia, Mobilio atau dengan jenis terbaru yang saat ini marak seperti Ertiga, Xpander dan lain-lain.

Memilih jenis mobil yang memiliki kapasitas 7 penumpang dengan harga yang murah akan memberikan keuntungan tersendiri bagi pebisnis rental mobil. Hal ini dikarenakan mobil-mobil tersebut memiliki harga yang cukup terjangkau.

Pilih mobil yang hemat BBM

Mobil Hemat BBM

Konsumsi bahan bakar dari sebuah kendaraan saat ini menjadi pertimbangan utama bagi masyarakat ketika ingin membeli mobil. Beberapa diantaranya seperti Xenia, Avanza, Mobilio, Ertiga, Xpander dan Datsun go +.

Inilah mengapa banyak masyarakat yang memilih untuk membeli mobil LCGC (Low Cost Green Car). Berbeda halnya dengan mobil jenis SUV seperti Fortuner dan Pajero Sport, mobil yang dirancang untuk melalui medan extreme yang membutuhkan tenaga lebih besar dan konsumsi BBM lebih banyak.

Pilih mobil yang Banyak Diminati

Mobil Yang Banyak Diminati

Sebelum membeli mobil, cobalah pilih jenis mobil yang banyak diminati konsumen di daerah Anda. Umumnya konsumen lebih menyukai mobil jenis MPV yang bisa membawa banyak orang dan juga hemat bahan bakar.

Mobil yang paling banyak diminati biasanya seperti Avanza, Xenia, Ertiga, Xpander, Innova, Gran Max, dan lain sebagainya. Setelah menentukan mobil mana yang ingin Anda beli, tentukan harga sewa mobil berdasarkan tipe mobil dan kota tujuan.

Pilih mobil dengan muatan banyak

Mobil Muatan Banyak

Pada umumnya, mobil berkapasitas besar lebih disukai konsumen seperti mobil keluarga. Karena memang menjadi salah satu tujuan menyewa mobil adalah yang bisa memuat banyak penumpang. Oleh sebab itu, memilih mobil berkapasitas banyak menjadi pilihan yang tepat.

Seperti contoh, seseorang menyewa mobil untuk mengantar keluarga, mudik, wisata atau liburan atau untuk acara keluarga lainnya.

Selain itu, walau jumlah kursi tidak akan diisi penuh oleh penumpang, barang-barang akan lebih mudah dikondisikan. Tentunya, ini akan lebih memudahkan konsumen.

Jadi, pilihlah mobil yang memiliki jumlah kursi yang banyak dan juga memiliki kapasitas bagasi yang besar. Tentu, disini Anda sudah tahu mobil apa yang harus Anda beli.

Pilih mobil dengan biaya operasional kecil

Mobil Operasional Kecil

Hal yang sama untuk setiap jenis usaha dimana biaya operasional harus selalu diperhatikan. Dalam bisnis rental mobil, memilih mobil yang memiliki biaya operasional kecil seperti biaya servis, biaya penggantian suku cadang, biaya perawatan dan lain sebagainya tentu bisa menekan modal Anda.

Biaya operasional merupakan beban atau kewajiban yang harus dikeluarkan untuk merawat dan memperbaiki kendaraan agar tetap dalam kondisi fit sehingga baik untuk perjalanan dalam maupun luar kota akan memberikan kenyamanan bagi para penumpang.

Ini yang seharusnya diperhatikan oleh para pebisnis rental mobil bahwa keselamatan penumpang adalah prioritas utama. Salah satu faktor yang bisa mempengaruhi keselamatan adalah kondisi mobil.

Baca Juga: Strategi Sukses Memulai Bisnis Rental Mobil

Jika secara rutin mobil diservis di bengkel resmi, tentu kendaraan akan terasa nyaman, aman dan lebih awet. Selain itu, konsumen akan merasa puas dengan kualitas mobil yang dikendarai.

Pilih mobil baru atau bekas sesuai budget

Mobil Baru atau Bekas Sesuai Budget

Sebenarnya, tidak ada keharusan untuk membeli mobil baru mengingat mobil second dengan kualitas yang bagus juga sangat banyak apalagi mobil second memiliki kelebihan yaitu dari segi harga yang lebih terjangkau. Hanya saja, banyak konsumen yang lebih suka menyewa mobil dengan tampilan yang baru karena lebih nyaman dan memiliki fitur yang lebih canggih.

Namun perlu Anda ketahui bahwa membeli mobil second mungkin akan membuat pengeluaran menjadi lebih besar jika ternyata mobil yang Anda beli adalah mobil yang tidak dalam kondisi prima.

Mobil baru maupun mobil second memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, perhatikan bagaimana strategi investasi yang menurut Anda lebih pas dengan kondisi keuangan Anda serta perhatikan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Demikianlah tips dan penjelasan tentang strategi membeli mobil untuk investasi bisnis rental. Semoga informasi ini dapat memudahkan Anda di dalam berinvestasi dengan tepat.