hutan mangrove surabaya

Surabaya, kota metropolitan di Jawa Timur, tidak hanya dikenal dengan keramaian dan kesibukannya, tetapi juga memiliki keindahan alam yang tersembunyi. Salah satunya adalah hutan mangrove yang tersebar di sepanjang pesisir pantai kota.

Hutan mangrove merupakan ekosistem yang unik dan penting bagi lingkungan. Hutan ini berfungsi sebagai penahan abrasi, tempat berkembang biak berbagai jenis ikan dan udang, serta menjadi habitat bagi berbagai jenis burung.

Keajaiban Alam Hutan Mangrove Surabaya

Ketika memasuki hutan ini, pengunjung akan disambut oleh kesejukan udara dan keheningan yang kontras dengan kebisingan kota. Pepohonan bakau menjulang tinggi dengan akar yang menjalar ke air, menciptakan labirin alami yang mempesona.

Pentingnya Perlindungan Lingkungan

Selain menjadi daya tarik pariwisata, Hutan Mangrove Surabaya memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan. Akarnya yang kuat membantu melindungi pesisir dari abrasi dan gelombang laut, sementara pepohonan yang rimbun menyediakan tempat perlindungan bagi berbagai spesies fauna. Oleh karena itu, pelestarian hutan mangrove ini menjadi tanggung jawab bersama untuk memastikan kelestariannya bagi generasi mendatang.

Keindahan Alam di Tengah Kota

Bagi warga Surabaya dan wisatawan, Hutan Mangrove menawarkan peluang unik untuk melarikan diri dari hiruk pikuk kota dan menyatu dengan alam. Dengan menyelami keindahan dan keajaiban hutan mangrove, kita dapat memperkuat hubungan kita dengan alam dan menyadari pentingnya menjaga lingkungan bagi keberlangsungan hidup kita dan generasi mendatang.

Baca juga: Rekomendasi Wisata Semarang Terbaru 2024

Rekomendasi Wisata Hutan Mangrove di Surabaya

Di Surabaya, terdapat beberapa hutan mangrove yang dapat dikunjungi oleh wisatawan, antara lain:

  • Ekowisata Mangrove Wonorejo

hutan mangrove wonorejo

Ekowisata Mangrove Wonorejo merupakan hutan mangrove terbesar di Surabaya dengan luas sekitar 200 hektar. Hutan ini terletak di Kecamatan Rungkut, Surabaya Timur.

Wisatawan dapat menikmati keindahan hutan mangrove ini dengan menyusuri sungai menggunakan perahu atau berjalan kaki di sepanjang jogging track. Dengan jalur hiking yang teratur dan program pelestarian lingkungan, pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil belajar tentang pentingnya menjaga ekosistem mangrove.

  • Ekowisata Mangrove Gunung Anyar

mangrove gunung anyar surabaya

Ekowisata Mangrove Gunung Anyar terletak di Kecamatan Gunung Anyar, Surabaya Timur. Hutan ini memiliki luas sekitar 25 hektar dan memiliki berbagai fasilitas, seperti jogging track, menara pandang, dan spot foto.

Selain itu, di Ekowisata Mangrove Gunung Anyar juga terdapat kegiatan penanaman dan pembibitan mangrove sebagai bentuk pelestarian hutan mangrove.

  • Kebun Raya Mangrove Medokan Sawah

kebun raya madokan sawah

Kebun Raya Mangrove Medokan Sawah merupakan hutan mangrove yang masih dalam tahap pengembangan. Hutan ini terletak di Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo.

Kebun Raya Mangrove Medokan Sawah memiliki luas sekitar 16 hektar dan memiliki berbagai fasilitas, seperti jogging track, menara pandang, dan spot foto.

Wisatawan yang berkunjung ke hutan mangrove di Surabaya dapat menikmati keindahan alam yang asri dan menyejukkan. Selain itu, wisatawan juga dapat belajar tentang pentingnya hutan mangrove bagi lingkungan.

5/5 - (1 vote)