minuman-khas-semarang

Ah, bicara tentang Semarang, selain wisata sejarah dan kulinernya yang menggugah selera, jangan lewatkan juga minuman khas semarang yang bikin lidah berdansa! Dari yang hangat dan menenangkan, dingin dan menyegarkan, sampai yang unik dan bikin jatuh cinta, Semarang punya semuanya. Yuk, kita telusuri bareng!

Baca Juga :  14 Rekomendasi Hotel & Villa di Semarang 

Hangatkan Jiwa dengan Minuman Semarang yang Menenangkan:

Wedang Kacang Tanah

Bayangkan aroma rempah kayu manis dan jahe yang menggoda, berpadu dengan kacang tanah empuk dan kuah manis gurih. Wedang Kacang Tanah Semarang ini juara untuk menghangatkan badan di kala udara dingin. Wedang kacang merupakan minuman yang kaya akan manfaat. Kacang tanah merupakan sumber protein dan serat yang baik, sedangkan jahe memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Wedang kacang juga dapat membantu menghangatkan tubuh dan melancarkan pencernaan.

Wedang Tahu Semarang

Ingin menikmati minuman khas semarang dengan sensasi unik dan menyehatkan? Coba deh Wedang Tahu Semarang. Tahu sutra lembut lembut berpadu dengan kuah jahe dan gula merah, bikin badan nyaman dan pencernaan lancar.

Kopi Bubuk Semarangan

Pecinta kopi sejati, merapat! Kopi Bubuk Semarangan yang kental dan panas dengan aroma robusta yang kuat siap memanjakan indera perasa dan membangkitkan semangatmu.

Jamu Jun

Si Sehat Rasa Enak dari Rempah dan Beras.

Namun, jangan takut jika melihat kata “jamu”. Jamu Jun Semarang berbeda kok! Doi tidak akan memberikan pengalaman seret-pahit gitu. Minuman khas semarang ini terbuat dari tepung beras, santan, gula-gulaan, dan selain itu 18 jenis rempah-rempah kayak jahe, kayu manis, dan temen-temennya. Warnanya coklat keemasan, dan aromanya rempahnya bikin rileks, tapi rasa manisnya tidak bakal ngilangin sensasi uniknya. Sering disajikan sama bola-bola kecil coklat dari parutan kelapa, jahe, dan gula merah, sehingga Jamu Jun ngasih pengalaman nikmat tidak terduga. Hangat-hangat gimana gitu, sehingga ngasih efek nyes-nyes di badan.

Cocok banget diminum pagi, siang, atau sore, kayak temen yang selalu siap bikin badan enak.

Segarnya Minuman Semarang yang Bikin Meleleh:

Es Puter Conglik

Nostalgia di setiap sendok! Es Puter lembut dengan potongan agar-agar warna-warni (conglik) dan kuah manis dingin bakal bikin kamu ketagihan.

Es Pankuk

Wajib coba kuliner legendaris Semarang ini! Roti tawar, agar-agar, pankuk, dan es krim berpadu dalam kuah susu kental manis. Kenyal, dan manis. Mimuman khas semarang ini bikin nagih!

Es Dawet Ayu

Cuaca panas terik? Es Dawet Ayu datang menyelamatkan! Dawet hijau kenyal, santan, gula jawa, dan cincau hitam dalam satu gelas, kesegaran seketika.

Es Mijen atau Es Kacang Ijo

Kacang hijau lembut berpadu santan, gula jawa, dan es batu, ditambah potongan cincau hitam. Es Mijen ini sederhana tapi bikin nagih!

Es Selendang Mayang

Minuman cantik nan menyegarkan ini memamerkan agar-agar warna merah muda dan hijau yang disiram kuah santan dan gula jawa. Dimakan dingin-dingin, bikin hati senang!

Es Cao

Bayangin nih, siang bolong di Kota Lama Semarang, terik matahari bikin kepala mendidih. Eh, tiba-tiba nemu semangkuk es cao! Rumput laut kenyal-kenyal warna hijau ngundang selera, kacang hijau ngumpulin di pojok, biji delima kayak permata kecil, buah-buahan seger kayak nangka dan melon ngumpul bareng. Belum lagi sirup gula jawa yang aromanya wangi dan rasanya bikin mata memicing nikmat. Sekali sedot, kesegaran langsung melejit, paduan manis, kenyal, dan seger pasti bikin nagih!

Es cao ini ga cuma enak, konon katanya doi jago banget mendinginkan badan, lancarin pencernaan, dan nambahin stamina. Cocok banget deh nemenin jalan-jalanmu keliling Semarang sampai matahari sore.

Nah, itu dia sekilas minuman khas Semarang yang bakal bikin kamu klepek-klepek! Dari sekian banyak pilihan, mana yang paling bikin kamu penasaran? Jangan lupa cerita pengalamanmu nanti ya, Semarang dan minuman khasnya siap bikin kamu kangen lagi dan lagi!

5/5 - (1 vote)