Mengenal Istilah-istilah di dalam Dunia Rental Mobil

Istilah di dalam Dunia Rental Mobil

Mungkin kamu akan merasa bingung saat akan menyewa sebuah kendaraan, terutama ketika mendengar beberapa kata asing yang biasanya dipakai untuk bahasa iklan. Mau tidak mau, kamu tetap harus mencari tahu apa itu maknanya. Untuk itu, ada baiknya kamu memahami istilah-istilah di dalam rental mobil.

Terkadang, begitu banyak orang melakukan sewa kendaraan. Namun tidak tahu persoalan di dalamnya, termasuk apa pengertian dari rental itu sendiri. Selain definisi, di bawah ini akan disertakan juga penjelasan dari beragam istilah beserta kriteria tepat pada tempat penyewaan mobil.

Pengertian Rental Mobil

Bagi orang awam, jasa rental mobil merupakan sebuah layanan dimana kamu bisa meminjam kendaraan dari tempat tersebut. Sebab, mereka hanya mengetahui tentang akad sewa mobil dengan uang dan dipadukan pada jangka waktu tertentu.

Secara umum, rental mobil merupakan sebuah jasa penyewaan kendaraan dalam jangka waktu tertentu. Umumnya, berkisar selama satu hari, satu minggu bahkan hingga satu tahun. Dengan supir maupun lepas kunci.

Selain itu, hal ini sering sekali diatur oleh setiap cabang yang berbeda. Sehingga, memungkinkan sekali bagi peminjam untuk mengembalikannya pada tempat berbeda dari awal. Jasa ini kebanyakan melayani daerah sibuk seperti area bandara, apalagi saat bisa dipesan lewat online.

Istilah-istilah dalam Rental Mobil

Mengetahui istilah dalam rental mobil sangat dibutuhkan, agar masyarakat tahu apa yang harus dilakukan ketika mendengar kata-kata asing tersebut. Sehingga, tidak kebingungan saat pihak jasa menanyakan beberapa hal kepada kamu. Baik, langsung saja simak penjelasannya!

1. Lepas Kunci

Merupakan istilah paling umum dalam soal penyewaan mobil. Lepas kunci sendiri berarti pemilik kendaraan akan menyewakannya tanpa adanya seorang driver. Sehingga, bagi kamu yang lebih merasa nyaman membawa mobil sendiri akan terasa cocok menggunakan jasa jenis ini.

Namun, setidaknya harus diingat juga sebelum memutuskan untuk menyewa mobil lepas kunci ini. Kamu harus memiliki kemampuan menyetir dan memiliki pengetahuan tentang rute yang dituju. Akan sangat merepotkan apabila masih minim pengetahuan dan hanya mengandalkan situs penunjuk arah (insting saja).

Pihak jasa juga pasti tidak akan melepaskan mobil sewaannya begitu saja kepada kamu apabila tidak mengetahui hal tersebut. Solusi untuk menghindari berbagai kerugian besar yakni, mereka akan memastikannya terlebih dahulu dengan melihat SIM serta surat lainnya.

2. All In

Istilah ini merupakan kebalikan dari Lepas Kunci, dimana penyewa berhak pergi bersama driver saat menyewa mobil. Dengan All In, berarti Anda sudah meminjam kendaraan dan menutup biaya operasionalnya, seperti uang makan driver, BBM, parkir, serta biaya masuk tol.

Dengan menggunakan jasa ini, akan ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan. Mulai dari tidak perlu repot lagi dengan biaya operasional lainnya atau tersesat ketika aplikasi penunjuk jalan kamu memberitahu arah yang membingungkan dan berputar-putar.

3. Drop Off

Untuk istilah satu ini berarti, kamu menyewa mobil beserta supir untuk mengantarkan dari satu tempat ke kota lainnya. Di dalam harga sewa, sudah termasuk uang sopir sekalian makan, BBM bahkan tarif masuk tol bila perlu. Namun, ada baiknya bila ditanyakan terlebih dulu detailnya kepada pihak jasa.

Selain itu, perlu diperhatikan juga kemana saja tujuan kamu saat menyewa dengan jenis jasa ini, agar lebih memudahkan supir mencari jalan tempuh terdekat. Sebab, pihak jasa penyewaan pasti akan memberikan kamu driver yang sudah berpengalaman dalam menempuh perjalanan jauh.

Baca Juga: Ketahui Kriteria Rental Mobil Sebelum Menyewa Mobil

4. Pick and Drop

Untuk yang satu ini, berarti hanya memungkinkan kamu menyewa dalam satu kali jalan pulang dan pergi. Biasanya, seperti perjalanan dari bandara ke rumah maupun hotel atau sebaliknya. Sudah termasuk di dalamnya ongkos driver, BBM serta tarif masuk tol jika ada.

Kamu tidak bisa bepergian menuju tempat lain lagi apabila menyewa menggunakan Pick and Drop ini karena hanya untuk satu tujuan saja. Bila ingin ke beberapa pemberhentian, maka sangat mungkin dikenakan biaya tambahan. Begitu penting bagi kamu mengetahuinya terlebih dahulu.

Itulah beberapa penjelasan mengenai istilah-istilah dalam rental mobil yang perlu kamu ketahui sebelum menyewa mobil agar lebih memahaminya dan nantinya tidak membuat kamu bingung. Pastikan selalu cermat dan teliti dalam memilih rental dan mobil sewaan ya.