Begini tips ampuh mengatasi mabuk saat perjalanan

Mabuk perjalanan umumnya disebabkan oleh gerakan selama perjalanan, baik dengan mobil, pesawat, maupun kapal. Biasanya, seseorang dapat merawatnya sendiri, mendiagnosisnya sendiri, tanpa memerlukan uji atau pencitraan laboratorium, dan dapat mereda dalam waktu harian sampai mingguan.

Gejala Yang Timbul Saat Mabuk Perjalanan :

Gejala mabuk perjalanan bisa muncul tanpa disadari. Awalnya gejala yang muncul mungkin ringan, tetapi kemudian berkembang menjadi lebih parah. Biasanya kamu akan merasakan gejala seperti nyeri perut, pusing, mudah lelah, kulit pucat, sakit kepala, keringat dingin, sulit konsentrasi, nafas cepat atau terengah-engah, gelisah, produksi air liur meningkat, mual dan muntah.

Orang-orang yang berpergian menggunakan mobil, bus, kereta api, kapal laut, atau pesawat terbang umumnya mengalami mabuk perjalanan. Menurut penelitian di beberapa negara , setidaknya 46% responden pernah mengalami mabuk perjalanan, terutama saat berkendara dengan mobil. Oleh karena itu, kita harus mengatasi kondisi ini agar tidak lagi mengalami mabuk perjalanan. Jika merasa mual atau ingin muntah, sebaiknya kita berhenti atau turun dulu di area pom bensin. Selain itu, jika ingin merokok, berhenti dulu di rest area agar tidak mengganggu kesehatan pernafasan orang yang berada di dekat kita. Kita dilarang keras merokok di dalam kendaraan yang sedang melaju.

Kita harus selalu ingat agar untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. Dan jangan asal sembarangan membuang batang rokok yang masih menyala di jalan atau tempat umum, Agar tidak melukai kaki seseorang yang sedang berjalan kaki. Kita juga harus selalu mentaati aturan lalu lintas. Jika berkendara wajib menggunakan sabuk pengaman, agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan atau bayangkan. Jika berperjalanan jauh usahakan juga untuk membawa kotak P3K agar bila terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan biar bisa cepat tertolong atau teratasi.

Apabila berperjalanan jauh jangan sampai meninggalkan sholat agar kita dan sekeluarga selalu terjaga dan terlindungi oleh Tuhan Yang Maha Esa, agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan. Jika sedang berkendara usahakan tidak mengebut di jalan umum, agar tidak menyebabkan kecelakaan. Lakukan pemeriksaan ke dokter bila anda memiliki riwayat mabuk perjalanan dan berencan melakukan perjalanan panjang dengan kendaraan.

Penyebab Mabuk Perjalanan :

Terjadi akibat otak mendapatkan sinyal yang berbeda dari beberapa anggota tubuh. Contoh, saat di dalam kendaraan, mata seakan – akan melihat pepohonan yang bergerak sedangkan otot dan sendi merasa jika tubuh diam tidak bergerak.

Kondisi di atas membuat otak tidak dapat mengelola informasi apakah tubuh diam atau bergerak. Hal ini yang menyebabkan mabuk perjalanan. Contoh beberapa faktor yang diduga meningkatkan resiko seseorang mengalami mabuk perjalanan , yaitu :

– Usia 2-12 tahun

– Kurang beristirahat

– Perubahan hormonal akibat kondisi sedang menstruasi , hamil , atau minum pil KB

– Riwayat pada keluarga

Berikut cara ampuh mengatasi mabuk perjalanan :

Langkah – langkah agar tidak mabuk perjalanan perlu , melakukan beberapa cara berikut ini :

– Menghirup udara segar

Menghirup udara segar merupakan suatu hal kebutuhan bagi manusia,agar bisa mendapatkan bernafasaan yang baik udara segar seperti udara yang belum tercampur dengan berbagai zat lain yang mun gkin berbahaya bagi tubuh kita.

– Menghisap permen rasa mint atau jahe

Menghisap permen merupakan atau sama dengan kita memakan permen yang bisa membuat tubuh kita menjadi lebih fresh saat ada dalam perjalanan dan menghindari dari rasa ngantuk

– Minum air putih

Meminum air sama dengan kita menambah mineral yang ada pada tubuh kita agar tubuh kita senantiasa sehat dan tidak kekyrangan mineral yang ada pada dalam tubuh.

– Mengonsumsi makanan rendah lemak sebelum berpergian

Mengonsumsi makanan sebelum berpergian sangat baik agar tubuh kita terasa lebih lega jika sudah terisi dan tidak akan terasa lapar jika saat saat dalam perjalanan jauh, serta dapat menjaga kestabilitasan bagi tubuh.

– Membatasi asupan makanan rendah lemak sebelum berpergian

Membatasi makanan saat akan berpergian juga perlu, karena konsumsi makanan secara berlebihan dapat membuat perut terasa mual, terutama karena udara yang dihirup selama perjalanan dapat membuat perut menjadi tidak nyaman.

– Mengonsumsi makanan ringan selama dalam perjalanan

Mengonsumsi makanan ringan pada saat perjalanan juga perlu, itu juga bisa menghindari dari mabuk perjalanan, karena hal tersebut dapat mampu memicu terjadinya mual atau muntah.

– Memilih tempat duduk yang membuat mata lebih leluasa saat didalam kendaraan,misalnya di dekat kaca atau di samping sopir

Hal itu juga bisa memicu kita dari terjadinya mabuk perjalanan. Bila kita duduk berada dekat jendela atau di samping sopir, maka akan ada sedikit udara yang masuk dan membuat kita tidak pusing atau mual.

– Hindari membaca buku atau fokus bermain handphone

Jangan pernah kita melakukan hal tersebut, karena bisa membuat kita mabuk perjalanan jika ingin melakukan hal tersebut. Jangan terlalu sering melakukannya agar kepala tidak terasa pusing.

– Berbaring dan memejamkan mata ketika gejala muncul sampai gejala tersebut mereda

Jika kita mengalaminya maka lebih baik kita melakukan hal tersebut , karena dapat membuat pikiran kita rileks.

– Memilih tempat duduk di bagian depan atau tengah kapal, jika sedang naik kapal laut.

Bila kita duduk di tengah atau depan, kita bisa sedikit mendapatkan udara yang segar. Berbeda jika kita duduk di belakang, karena biasanya banyak orang yang menduduki tempat duduk di belakang, sehingga terjadi desak-desakan.

Obat yang sering disalahgunakan yang memicu adiktif, antara lain:

  1. Amfetamin
  2.  Vicodin
  3. Obat batuk
  4. Benzodiazepin
  5. Barbiturat
  6. Oxycontin

Contoh makanan yang tidak boleh dimakan saat perjalanan :

  1. Keju dan daging beku
  2. Gorengan
  3. Makanan manis
  4. Minuman bersoda dan alkohol
  5. Makanan berat
  6. Makanan yang memicu gas
  7. Makanan pedas
  8. Makanan non vegetarian

Makanan yang bisa mencegah mabuk perjalanan :

  1. Permen
  2. Jeruk
  3. Pisang
  4. Jahe
  5. Biskuit kering
  6. Air lemon dan madu
  7. Air kelapa

Info Travel Semarang : Paket Enjoy Trip Semarang Full Day

Pengobatan Mabuk Perjalanan :

Mabuk perjalanan bukan kondisi yang serius dan seseorang dapat mengatasinya dengan meminum obat antimabuk sebelum atau saat gejala muncul. Namun, sebaiknya minum obat ini 1-2 jam sebelum melakukan perjalanan.

Obat golongan anti histamin, seperti :

Dimenhydrinate adalah obat anti mabuk yang dapat dibeli tanpa resep dokter. Ada juga obat anti mabuk lain yang memerlukan resep dokter, dll.

Contohnya:

-Domperidone

-Metoclopramide

-Ondansetron

Meski efektif,obat antimabuk dapat menyebabkan ngantuk. Oleh karena itu, seseorang yang sedang mengemudi kendaraan tidak boleh mengonsumsi obat ini.

5/5 - (1 vote)